KEMBUNG PADA TERNAK

BLOAT a.k.a KEMBUNG a.k.a Timphany adalah pembentukan gas yang berlebihan dalam rongga pencernaan.

Teknis penanganannya selalu dengan 1). mencegah pembentukan gas berlanjut terus dan 2). mengeluarkan gas yang terlanjur terbentuk. Estimasi kekuatan ternak bertahan dari kembung adalah 10 jam dari awal gejala kembung terlihat, jadi memang butuh handling yang tepat dan cepat.

Obat kembung (timphany/bloat) bekerja untuk menghentikan pembentukan gas, sementara untuk mengeluarkan gas yang sudah terbentuk bisa jadi membutuhkan kerja mekanis.

Dari sisi menghentikan pembentukan gas, sudah banyak disebutkan seperti pemberian minyak goreng dicekok, pemberian obat anti-bloat pabrikan, pemberian obat maag, dll tinggal dipilih saja yang termudah dan tercepat diperoleh yg mana. Kalau di tempat saya sediaan karbon aktif (arang aktif) adalah wajib alias fardlu ain, salah satunya untuk menghentikan pembentukan gas tadi.

Dari sisi mengeluarkan gas yang telah terbentuk, bisa dibantu dengan kerja mekanis, misal di kasih knalpot batang daun pepaya, bisa dengan mengoles bahan pembuat hangat (misal balsem, kayuputih, minyak angin), mengajak ternak untuk terus bergerak (jalan), cekok dengan minuman hangat dan memijit-mijit perut yang mengalami kembung.

Ingat..!!! perut makanan ada di sebelah kiri, jadi kalaupun ternak tidak mau berdiri miringkan ke arah kanan (perut kiri di atas). Kembung yang sudah parah akan memaksa ternak untuk jatuh (tidak bisa bangun), jangan biarkan ini terjadi.. usahakan ternak untuk terus berdiri atau di berdirikan.

Kematian akibat kembung adalah karena tertekannya organ nafas oleh udara dari perut sehingga kehabisan nafas dan MATI. Dengan posisi jatuh/njerum/tidak mau berdiri maka akan mempercepat KEMATIAN.

Selamat belajar kawan... salam ternak..!!!
Read more

Tips dan cara merawat rantai motor dengan baik

Tips dan cara merawat rantai motor dengan baik. Rantai pada motor merupakan salah satu komponen penting yang harus kita perhatikan. Saya pernah mengalami motor berhenti mendadak di tengah jalan raya karena rantai lepas dari gear karena kendur. Alhamdulillah..tidak ada kendaraan lain dari belakang saya. Saya berharap pengalaman saya ini tidak akan terjadi pada sobat AutoModifer. Lebih baik merawat motor dari pada diri kita yang dirawat karena motor.

Oleh karena itu, merawat rantai motor sangat saya anjurkan.  Berikut ini hasil rangkuman saya setelah melakukan browsing tentang tips dan cara merawat rantai motor.

cara tips merawat rantai motor

1. Membersihkan rantai motor dari kotoran
Tanpa kita sadari terutama pada sepeda motor yang tidak menggunakan tutup rantai motor, kotoran lebih cenderung menempel di sela-sela rantai motor baik debu, lumpur, atau serpihan lain yang menempel di rantai motor. Bila dibiarkan, kotoran tersebut menyebabkan rantai motor cepat kering, berkarat, dan cepat aus karena getas.

Jangan dianggap remeh bila rantai motor kotor, sebab rantai merupakan bagian penting pada motor. Kebersihan rantai motor akan berbanding lurus dengan kenyamanan yang Anda rasakan. Jika dibiarkan kotor, maka rantai akan berkarat. Bersihkan rantai motor dengan alat pembersih yang sudah ada di toko atau bengkel. Sebaiknya melakukan pembersihan ini tiap sebulan sekali.

2. Menyetel rantai motor secara rutin
Penyetelan tidak hanya mengencangkan atau mengendurkan rantai motor, tetapi juga membersihkan kotoran atau debu yang menempel serta mengatur pengunci pin sambungan. Untuk mengetahui ukuran itu ada di mal atau garis sobat AutoModifer yang ada di penarik rantai motor di ujung bawah shockbreaker roda belakang.Sangat disarankan untuk melakukan penyetelan rantai motor ini setiap motor telah berjalan 1.000 kilometer. Tingkat ketegangan rantai motor sebaiknya di posisi 5 – 25 milimeter. Ukuran jarak atau tingkat kekencangan juga bisa dilihat dari stiker yang ada di tutup rantai motor roda.

Adapun yang perlu sobat perhatikan pada kondisi pin yakni pastikan apakah pemasangannya sudah benar atau telah terjadi perubahan posisi. Hal itu sangat penting untuk dilakukan karena pin merupakan sambungan sekaligus pengunci sambungan rantai motor. Jika lepas, Sobat AutoModifer akan repot dibuatnya. Posisi itu cepat berubah-ubah karena suatu hal. Misalnya pada saat kecepatan tinggi pengendara melibas lubang atau jalan bergelombang, Sehingga beban rantai motor untuk menarik roda motor semakin berat atau saat motor mengangkut beban berat. Tips merawat rantai sepeda motor yang lain berikutnya adalah.

3. Memberi pelumas pada rantai motor
Pada dasarnya pabrikan mungkin telah merancang panjang umur pemakaian rantai motor tidak perlu pelumasan. Namun, karena faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran dari lumpur atau debu yang berpotensi menyebabkan komponen ini rusak.

Hanya, selama ini orang salah paham dalam memberi pelumasan. Biasanya orang melumasi rantai motor menggunakan oli bekas, terutama oli mesin. Padahal, dengan kondisi rantai motor tanpa tutup maka cairan oli akan menyiprat ke mana-mana saat motor dijalankan.

Terlebih pada saat hujan, oli tersebut juga akan bercampur dengan air hujan yang bersifat asam. Sehingga, kemampuan oli untuk melumasi juga berkurang. Dan juga kotoran mudah menempel pada rantai yang diberi oli.

4. Mengatur ketepatan jarak antara tutup rantai dan rantai motor
Bagi sepeda motor yang menggunakan tutup rantai motor, baik penuh maupun setengah terbuka, sebaiknya memastikan jarak antara keduanya benar-benar tepat sehingga tidak ada gesekan. Pasalnya, bila terjadi gesekan baik rantai motor maupun penutupnya akan cepat rusak. 

5. Memotong rantai satu kali
Dengan memotong rantai motor satu kali adalah cara yang paling ideal dan jitu jika ingin awet. Sebab hal itu dapat menghindarkan Anda pada kendurnya rantai. Ingat satu kali saja!

6. Menggunakan rantai dan gear asli
Penggunaan rantai dan gear palsu atau kw akan sangat beresiko pada kerusakan rantai. Terlebih lagi jika itu dari merek yang kurang terpercaya. Sangat disarankan untuk tetap menggunakan gear dan rantai asli dari bawaan motor.

Sebenarnya tidak begitu sulit kan merawat rantai motor. Hal ini tidak sebanding dengan hasil yang akan kita peroleh nantinya. Semoga tips dan cara merawat rantai motor di atas bermanfaat bagi sobat.
Read more

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Modifikasi Motor Klasik

Apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum modifikasi motor klasik (tua/jadul)? Simak informasi ringan berikut ini.

Pemilik motor klasik pasti sering bingung ketika ingin memodifikasi, mengubah, atau memperbaiki agar tampilan motor tua/klasik hampir sama seperti keadaan aslinya. Tetapi jika AutoModifers telah menemukan bengkel yang tepat, harus ada beberapa poin yang perlu dipersiapkan dalam memodifikasi motor klasiknya.

Seperti yang dijelaskan oleh Mas Suyadi pemilik Bengkel Latip Motor, beralamat di Jalan Raya Bogor, KM 26,5 Pekayon Pasar Rebo Jakarta Timur. "Ada beberapa persiapan untuk memodifikasi motor tua, dan ini yang terkadang konsumen kurang mengerti," kata Suyadi. (detik. com)

hal yang perlu sebelum modifikasi motor jadul

Nah mau tahu apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum modifikasi motor klasik atau untuk membangun ulang motor klasik anda? Mari simak yang berikut ini.

 1. Siapkan uang

Tentu saja, memodifikasi atau membangun motor klasik pasti akan jauh berbeda dengan modifikasi motor yang berumur muda. Misalnya pada spare part, susahnya mencari spare part orisinil membuat harga semakin melambung tinggi jika mendapatkannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan harga sparepart motor klasik bisa memiliki harga setengahnya biaya modifikasi yang dilakukan.

 2. Tentukan desain

Buat AutoModifers yang pengen banget mempunya motor klasik, juga bisa memodifikasi motor batangan. Tetapi yang harus diperhatikan, AutoModifers harus benar-benar mempersiapkan desain motor klasik atau aliran modifikasi seperti apa karena modifikasi yang dilakukan tidak menutup kemungkinan akan mengubah rangka dan lain-lainnya, agar tampilan betul-betul mirip dengan motor klasik, namun menggunakan mesin yang berumur muda.

Misalnya untuk motor Honda Mega Pro, yang ingin diubah menjadi Honda CB yang macho bertampang klasik. Bisa dipastikan ada beberapa part yang diganti atau bahkan diubah.

 3. Persiapkan waktu dan Kesabaran

Waktu dalam mengerjakan motor klasik bisa terbilang akan memakan waktu yang cukup lama. Karena ketelitian sangat dibutuhkan sehingga tidak bisa dipaksa untuk dipercepat pengerjaannya agar hasilnya baik.
Terlebih sparepart yang sulit diperoleh atau membangun ulang part yang dibutuhkan, itu juga bisa memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk membangun motor klasik secara keseluruhan bisa mencapai 2 bulan bahkan lebih. Jadi harus sabar.

 4. Harus siap mencari spare part bersama-sama

Karena sulitnya mencari sparepart membuat Anda sebagai pemilik kendaraan motor klasik atau membangun motor klasik, juga seharusnya siap ikut membantu mencari spare part. Tidak harus hanya mengandalkan bengkel motor klasik. Hal ini agar pengerjaan akan bisa menjadi lebih cepat jika spare part yang dibutuhkan lebih cepat didapatkan.

5. Siap untuk mengubah jeroan mesin

Memodifikasi mesin dilakukan jika memang sangat terpaksa, untuk penggila motor klasik harus benar-benar siap mengubah isi jeroan mesin dengan sparepart yang berumur muda. Ini bisa saja terjadi apabila memang spare part sulit ditemukan. Terlebih sparepart pada mesin, sehingga para modifikator akan menyarankan pemilik untuk bisa mengubahnya dengan menggunakan spare part yang lebih berusia muda. Namun bisa dipastikan tidak akan merusak mesin motor. Karena akan percuma jika motor telah memiliki tampilan klasik seperti sediakala, namun tidak bisa dikendarai.

Nah itu adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum modifikasi motor klasik anda. Semoga setelah berkunjung ke AutoModifer ini, Anda mendapat pengetahuan. Terima kasih.
Read more

MEMBUAT PAKAN FERMENTASI


Pakan fermentasi  mempunyai beberapa keuntungan diantaranya:
·         - Memperbaiki pencernakan ternak dan kotoran menjadi sedikit
·         - Lebih tahan terhadap penyakit
·        - Meningkatkan produksi susu pada ternak perah
·        - Menjadikan susu kambing menjadi tidak beraroma kambing (prengus)
·        - Mengurangi bau kotoran dan limbah peternakan
·        - Meningkatkan nafsu makan

Fermentasi pakan dari bahan:
Bahan Serat Kasar (Jerami padi, kulit kacang hijau,kulit  kedelai, kulit kacang, Kulit kedelai, tebon jagung, janggel jagung, limbah gergajian sengon, dll).
- Bahan Penguat (Pollard / bekatul gandum, bekatul / dedak, ampas tahu, ampas kecap, dll)
-  Tetes tebu, gula merah atau jenis gula lainnya
Probiotik

SIAPKAN WADAH/TEMPAT FERMENTASI YANG KEDAP UDARA (HAMPA UDARA)

Langkah-langkahnya yaitu:

1. Cacah bahan serat kasar menggunakan mesin pencacah/chopper atau cacah manual. Usahakan di tempat yang tidak menyentuh tanah langsung. Semakin luas permukaan bahan semakin bagus.

2. Siapkan Bahan-bahan penguat seperti pollard, ampas tahu, kulit kedelai, bekatul/dedak, dan biji-bijian jika ada. Fungsi bahan penguat nantinya adalah untuk melengkapi nilai gizi pakan secara keseluruhan.

3. Membuat larutan probiotik (aktivasi bakteri probiotik) dengan cara masukkan 250-300ml  tetes tebu atau gula ke dalam 2 liter air lalu aduk hingga larut, kemudian masukkan 5 tutup botol atau 5 sendok makan Probiotik (Starbio, EM4, MA-11, dll) kedalam larutan gula dan aduk rata. Diamkan selama 5-10 menit.

4. Campurkan bahan-bahan yang akan difermentasi (bahan serat kasar dan bahan penguat) seperti ampas tahu, polard, kulit kedelai, bekatul dan bahan serat yg telah dicacah. Aduk dan campur bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata.
Perhatian!!!Perbandingan terbaik untuk memperoleh hasil fermentasi yang optimal dan bagus adalah Bahan serat 70% : Bahan Penguat 30% (atau perbandingan 60 : 40).

5. Siramkan, semprotkan atau dicipratkan larutan aktivasi bakteri probiotik ke campuran adonan bahan yang akan difermentasi secara merata (aduk2 untuk mendapatkan campuran yang merata).
Perhatian!!! Kadar air total dalam adonan semua bahan adalah maksimal 60%, cek mudah dengan menggenggam dan meremasnya, jika tidak ada air yang menetes berarti kadar air dalam total bahan <60 o:p="">

6. Setelah disemprot rata, masukkan dalam wadah tertutup, padatkan sepadat mungkin untuk mengurangi kemungkinan adanya udara. Tutup tong, jerigen, ember/plastik dengan rapat sampai tidak ada udara yang masuk ke dalam, dan diamkan selama minimal 7 hari.

Setelah 7 hari buka tutup ember, pakan fermentasi yang kita buat telah jadi. Bau harum pakan hasil fermentasi menandakan proses fermentasi pada bahan pakan telah berhasil, apabila pakan berjamur, berbau tidak harum kemungkinan ada udara masuk (bocor) atau takaran komposisi bahan yang kita buat belum tepat.
Pakan fermentasi sebelum di berikan perlu diangin-anginkan 5-10 menit sebelum diberikan pada ternak. Adaptasi/pembiasaan untuk bisa total pakan fermentasi pada tiap ternak berbeda-beda (minimal 2 hari)
Pakan fermentasi selama tertutup rapat masih dapat digunakan sampai waktu yang lama (2-3 tahun)

Selamat mencoba.
Read more

Contoh Modifikasi Honda CB 100 Classic untuk Inspirasi

Sobat memiliki motor kuno atau jaman dulu alias jadul, misalnya saja Honda CB 100 Classic. Jangan terburu untuk dijual atau disimpan saja. Sobat bisa memodif motor CB 100 classic jadi keren. Disini saya akan memberikan beberapa contoh modifikasi Honda CB 100 Classic yang bisa dijadikan inspirasi atau ide.

Gambar-gambar ini merupakan hasil mengambil dari blog teman-teman blogger. Contoh-contoh modifikasi Honda CB 100 Classic ini tidak saya berikan penjelasannya hanya sebatas gambar atau foto saja. Jadi mohon maaf.

Berikut ini beberapa contoh modifikasi honda cb 100 classic:

modifikasi cb 100 minimalis

Dalam modifikasi motor cb 100 dengan model tua ini memperlihatkan pengubahan bagian motor dari segi silinder head yang menggunakan varian dari motor bebek Suzuki Satria F150.suspense depan yang digantikan dengan bahan milik motor keluaran Honda yang sebelumnya yaitu GL 200pemakaian cakram hidrolik dengan 2 piston yang mampu menjepit piringan diameter lebar velg variasi palang 6 yang berwarna merah solid. Kemudian dengan lengan ayun dari GL series suspensi klasik dari Honda Astre Grand.memakai knalpot milik GL pro yang berkapasitas dekat dengan distel spuyernya. (http:// www. fotomodifikasimotor. com/ modifikasi-motor-cb-100-model-klasik/)

modifikasi cb 100 jap style
CB100 ’73 Custom Cadas
(http:// nengbiker. com/2010/01/ dijual-cb100-73-custom-cadas/)

contoh modifikasi honda cb 100
 (http:// screamcode. blogspot. com/2012/06/ 7-modifikasi-motor-honda-cb100-keren. html)

contoh modif motor cb 100
(http:// modifmotor. info/model- modifikasi-honda-cb-100-terbaru- 2014/)

(http:// bestmodifikasimotor. bestbikez. com/2012/07/tips- modifikasi-honda-cb. html)

(http:// motor-oke.blogspot. com/2011/08/ modifikasi-honda-cb100-cafe-racer .html)

(http://www.kaskus. co.id / thread/511092170975b48103000006/ honda-cb100-full-modifikasi)

Bagaimana? apa sudah ada sedikit inspirasi dan ide yang terbesit dipikaran sobat?
Semoga sedikit contoh modifikasi honda cb 100 classic ini menginspirasi sobat.
Selamat memodif ria.

Read more

Jenis Contoh Aliran Modifikasi Motor Klasik

Pengen punya motor baru tapi tidak punya dana banyak. Inginnya punya motor jantan berkopling. Alhasil mungkin motor klasik yang bisa dibeli. Tapi biasanya kondisinya kurang keren. Coba kita modifikasi biar lebih macho. Jenis aliran modifikasi motor klasik yang bagaimana ya enaknya? Contoh modifikasi motor klasik jadul mana saja ya gambarnya?

Apabila Anda sudah memiliki motor klasik atau jaman dulu (jadul) yang jarang digunakan karena tampilannya kurang mantap, mungkin postingan berikut akan memberi inspirasi bagi Anda untuk memulai memodifikasi motor klasik kita menjadi lebih keren dan bangga untuk digunakan berkendara.

gambar-aliran-modifikasi-motor-klasik

Berikut ini sedikit jenis aliran modifikasi dan contoh gambar motor klasik modifikasi beserta gambar yang saya dapat dari sebuah forum.



BOBBER
Bobber lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama prinsipnya yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar. Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian roda yaitu ban yang cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.

aliran modifikasi motor klasik bobber

Quote:
CHOPPER
Adalah model motor yang mempunyai ciri menonjol utama fork/garpu depan yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Lingkar ban depan cenderung lbh besar dibanding belakang, bentuk setang juga tinggi.

aliran modifikasi motor klasik chopper

Quote:
HOTROD
Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa dianut para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus, maka beberapa diantaranya mengecat ulang mobil2 klasik mereka dengan tampilan cat yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan tertentu lainnya.

aliran modifikasi motor klasik hotrod

Quote:
FLAT TRACKER
Flat track merupakan suatu ajang balapan yang dilaksanakan di trek tanah. Tampilan motornya memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing.

aliran modifikasi motor klasik flattracker

Quote:
STREET TRACKER
Street Tracker merupakan suatu paduan dari motor tracker atau enduro dengan motor jalanan, tampilannya layaknya trail tahun2 lama seperti honda XL, suzuki TS, Yamaha DT, namun disesuaikan dengan kebutuhan jalanan. Beberapa motor JDM saat ini juga menganut aliran street tracker, seperti Suzuki Bigboy dan Honda FTR.

aliran modifikasi motor klasik street tracker

Quote:
JAPS STYLE
Aliran Jap's Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin yang didesain lebih mengecil dan simpel, alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis dengan tipe single seater, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang mungil.

Di bagian keseluruhan bodi motor yang mengusung Jap's Style akan terlihat rangka belakang yang terpangkas habis yang diiringi juga dengan penggunaan ban yang gendut dan lebar, dan juga jarak antara ban depan dan belakang dibuat lebih panjang dari rangka.

aliran modifikasi motor klasik japs style

Quote:
BRATSTYLE
Banyak salah kaprah mengenai nama ini, yang sering disalah artikan sebagai nama sebuah aliran modifikasi, padahal Bratstyle merupakan nama sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa karya workshop ini memang mempunyai ciri2 khusus yang membedakan dengan workshop lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle tentunya ), ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan gelap, dan lainnya.

aliran modifikasi motor klasik bratstyle

Quote:
CAFÉ RACER
Seperti yang sudah diketahui bahwa aliran modifikasi caferacer merupakan aliran modifikasi yang mengadopsi gaya balap tempoe doeloe. Secara garis besar aliran ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tanpa fairing dan yang menggunakan fairing baik full maupun half.

Aliran cafe racer punya ciri khas yang sangat menonjol, antara lain menggunakan setang jepit, otomatis posisi badan lbh jadi menunduk ketika berkendara. Selain itu, tanki motor dibuat ramping dan memanjang biar lebih enak dijepit paha. Ciri khas lain adalah jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang n ke atas kaya buntut tawon.

aliran modifikasi motor klasik cafe racer

Quote:
SCRAMBLER
Aliran ini hampir sama dengan bratstyle namun yang membedakan adalah jenis ban dan type knalpot. Ban untuk aliran modifikasi ini biasanya menggunakan ban dengan motif kotak kotak/ bahkan trail. Sedangkan ciri yang lainnya adalah knalpot yang bukan berada di kolong melainkan berada di samping. Hal ini sesuai dengan roh aliran modifikasi ini yaitu untuk semi off road bahkan mendaki pegunungan.

aliran modifikasi motor klasik scrambler

Quote:
SINNERS DAN SOCAL (SOUTH CALIFORNIA)
Sinners (atau lebih tepatnya The Sinners) merupakan suatu komunitas motor yang anggotanya tersebar di beberapa negara bagian di Amerika. Sebagian besar anggotanya menggunakan The Big V (harley davidson) dan rata2 memodifikasinya dengan referensi chopper style namun dengan menambahkan "bumbu" setang z-bar / t-bar / u-bar yang tidak lebar, membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan chopper kebanyakan.

Sementara Socal merupakan singkatan dari South California, merupakan salah satu "chapter" dari komunitas Sinners, motor anggotanya memiliki ciri khas yang hampir sama dengan Sinners, namun dengan penggunaan ban kecil dan tampilan keseluruhan lebih klasik daripada Sinners pada umumnya.

aliran modifikasi motor klasik south california

Quote:
STREET FIGHTER
Awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing, beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya.
Ciri ubahan street fighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, simpelnya penerang jalan, stang kemudi model flat.

aliran modifikasi motor klasik street fighter

Quote:
MINOR FIGHTER
Tidak berbeda jauh dari street fighter, Minor Fighter merupakan sebuah keluarga perkumpulan motor indonesia yang bergaya eropa style, berpusat di daerah Purwokerto, Jateng. Salah satunya ciri ubahannya setang terbalik, ekor buntung, single seater dan ditambah dengan ban ekstra lebar.

aliran modifikasi motor klasik minor fighter

Quote:
TRAIL
Penganut modif jenis ini, harus merubah total penampilan motornya terutama kaki-kaki. Cirinya adalah suspensi yang panjang, ban model kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, setang rata, knalpot undertail, ditambah oprekan mesin buat ningkatin torsi.

aliran modifikasi motor klasik trail

Quote:
SUPERMOTO
Masih turunan trail, tapi jenis ban yang digunakan beda, umumnya menggunaka ban khusus aspal atau yg memiliki profil kembang tahu. Diameter pelek berukuran 17 inci dengan tapak lebar.

aliran modifikasi motor klasik supermoto
 
Nah, Jenis aliran modifikasi mana yang Anda sukai. Tentu memerlukan dana relitif banyak untuk merombak motor jadul kita menjadi lebih keren. Namun dengan cara memodifikasi sedikit demi sedikit, motor impian kita akan bisa terrealisasi.
Semoga informasi ringan tentang jenis contoh aliran modifikasi motor klasik ini bermanfaat untuk Anda.
Read more

Inseminasi Buatan (IB) / Artivicial Insemination (AI)




Yang dimaksud dengan Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik adalah suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (sperma atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut 'insemination gun'.

Tujuan Inseminasi Buatan
1. Memperbaiki mutu genetika ternak;
2. Tidak mengharuskan pejantan unggul untuk dibawa ketempat yang dibutuhkan sehingga mengurangi biaya
3. Mengoptimalkan penggunaan bibit pejantan unggul secara lebih luas dalam jangka waktu yang lebih lama;
4. Meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur;
5. Mencegah penularan / penyebaran penyakit kelamin.


Keuntungan IB
1. Menghemat biaya pemeliharaan ternak jantan;
2. Dapat mengatur jarak kelahiran ternak dengan baik;
3. Mencegah terjadinya kawin sedarah pada betina (inbreeding);
4. Dengan peralatan dan teknologi yang baik sperma dapat simpan dalam jangka waktu yang lama;
5. Semen beku masih dapat dipakai untuk beberapa tahun kemudian walaupun pejantan telah mati;
6. Menghindari kecelakaan yang sering terjadi pada saat perkawinan karena fisik pejantan terlalu besar;
7. Menghindari ternak dari penularan penyakit terutama penyakit yang ditularkan dengan hubungan kelamin.

Kerugian IB
1. Apabila identifikasi birahi (estrus) dan waktu pelaksanaan IB tidak tepat maka tidak akan terjadi terjadi kebuntingan;
2. Akan terjadi kesulitan kelahiran (distokia), apabila semen beku yang digunakan berasal dari pejantan dengan breed / turunan yang besar dan diinseminasikan pada betina keturunan / breed kecil;
3. Bisa terjadi kawin sedarah (inbreeding) apabila menggunakan semen beku dari pejantan yang sama dalam jangka waktu yang lama;
4. Dapat menyebabkan menurunnya sifat-sifat genetik yang jelek apabila pejantan donor tidak dipantau sifat genetiknya dengan baik (tidak melalui suatu progeny test).

Sumber: Buku Pegangan Inseminator

Read more

Archive