Tips sederhana cara merawat motor jadul

Tips sederhana cara merawat motor jadul yang kali ini ingin saya sharing. Motor jadul (lama) memang memerlukan perlakuan yang cukup istimewa, maklumlah memang sudah berumur. Anggap saja seperti manusia yang sudah tua, tentu perlu diperhatikan kesehatannya. Coba liat, motornya Valentino Rossi saja bisa mogok apalagi motor jadul kita yang jarang dirawat, hihihiii.

cara merawat motor jadul
(I'm sorry Rossi)

Namun meskipun sudah berumur kalau rajin dirawat performa mesin motor jadul kita pasti garang dan tampilan bisa saja masih terlihat clink.

Berikut ini tips sederhana cara merawat motor jadul.
  • Rajin servis minimal 1 bulan sekali (tergantung pemakaian).
  • Rajin ganti oli minimal juga sebulan sekali (tergantung pemakaian).
  • Hati-hati mengisi BBM jangan mengisi BBM yang diecer di pinggir jalan (Pertamax makin maknyus).
  • Kalau ada yang sparepart yang minta diganti segera diganti jangan ditunda-tunda.
  • Pakai sparepart asli atau yang berkualitas bagus bila ingin mengganti spare part motor.
  • Cek selalu aki tiap minggu bila menggunakan aki basah.
  • Cek kinerja rem. ini sangat penting.
  • Cek kebersihan rem cakram. (saya pernah mengalami rem cakram yang terasa mengerem terus).
  • Cek kekencangan rantai.
  • Bersihkan rantai dari kotoran.
  • Intinya selalu cek semua komponen yang terdapat pada motor jadul kita secara rutin.



Nah bagaimana cukup mudah kan? Asalkan kita mencintai motor kita, hal di atas akan terasa ringan. Ingat juga karena motor untuk sebagian dari kita cukup penting dalam menunjang aktivitas. 
Semoga tips sederhana cara merawat motor jadul tersebut berguna bagi Anda.
 
Read more

Alamat bengkel modifikasi motor di daerah Depok

Alamat bengkel modifikasi motor di daerah-daerah sering dicari. Tidak terkecuali di daerah Depok. Bagi sobat yang berada di sekitaran wilayah Depok, berikut ini saya berikan dua tempat bengkel modifikasi motoryang mungkin sobat butuhkan.

Bengkel modifikasi yang satu ini layak dijadikan salah satu tempat untuk memodifikasi sepeda motor. Gandul 2 Wheels Custom (G2C) berlokasi di kawasan Gandul, Depok.
Wardoyo dan Hery merupakan pengelola bengkel modifikasi G2C ini. Bengkel modifikasi ini katanya mampu menangani modifikasi segala jenis sepeda motor dan konsep modifikasi. Sepeda motor bermesin besar dan kecil bakal diladeni oleh G2C.

alamat bengkel modifikasi


Alamat bengkel modifikasi motor
Gandul 2 Wheels Custom
Jl Raya Krukut, Gandul  Depok, Jawa Barat
Telpon: 081294972551/087881278980/ 021 46427753
Pin BB :304E7545

Alternatif lain tempat modifikasi di daerah Depok berikut ini.
Untuk bikers di sekitaran wilayah Depok, tidak perlu bingung lagi kalau ingin memodifikasi sepeda motor. Di daerah Beji, Depok, terdapat satu bengkel yang melayani modifikasi sepeda motor, namanya B&S Modified.

B&S Modified
Jl. Raya Tanah Baru No.78, Beji, Depok.
Nomor telepon 021-77218151.

B&S Modified  berdiri pada 2006. Bengkel ini yang mengelola ada empat orang Lubke Arief, Samsurizal Sutarto, Sapto Utomo dan Ridwan Syah.

Walau spesialis modif, tapi bengkel ini tetap menawarkan jasa perawatan ringan, restorasi ringan hingga berat. Mirip seperti bengkel resmi, B&S Modified pun memfasilitasi para konsumen, seperti ruang tunggu luas, serta para pelayanan ramah.
tempat modifikasi sepeda motor

Pelayanan jasa service di B&S Modified untuk semua jenis motor, karena semua merek dan jenis sepeda motor bakal ditangani di sini. Selain itu B&S Modified menyediakan komponen-komponen limbah Moge (Motor Gede) yang diambil langsung dari Jepang, sehingga semua barang berkualitas.

Tentunya masih banyak alamat bengkel modifikasi motor di daerah Depok. Silakan sharing melalui komentar di bawah ini.
Read more

KEMBUNG PADA TERNAK

BLOAT a.k.a KEMBUNG a.k.a Timphany adalah pembentukan gas yang berlebihan dalam rongga pencernaan.

Teknis penanganannya selalu dengan 1). mencegah pembentukan gas berlanjut terus dan 2). mengeluarkan gas yang terlanjur terbentuk. Estimasi kekuatan ternak bertahan dari kembung adalah 10 jam dari awal gejala kembung terlihat, jadi memang butuh handling yang tepat dan cepat.

Obat kembung (timphany/bloat) bekerja untuk menghentikan pembentukan gas, sementara untuk mengeluarkan gas yang sudah terbentuk bisa jadi membutuhkan kerja mekanis.

Dari sisi menghentikan pembentukan gas, sudah banyak disebutkan seperti pemberian minyak goreng dicekok, pemberian obat anti-bloat pabrikan, pemberian obat maag, dll tinggal dipilih saja yang termudah dan tercepat diperoleh yg mana. Kalau di tempat saya sediaan karbon aktif (arang aktif) adalah wajib alias fardlu ain, salah satunya untuk menghentikan pembentukan gas tadi.

Dari sisi mengeluarkan gas yang telah terbentuk, bisa dibantu dengan kerja mekanis, misal di kasih knalpot batang daun pepaya, bisa dengan mengoles bahan pembuat hangat (misal balsem, kayuputih, minyak angin), mengajak ternak untuk terus bergerak (jalan), cekok dengan minuman hangat dan memijit-mijit perut yang mengalami kembung.

Ingat..!!! perut makanan ada di sebelah kiri, jadi kalaupun ternak tidak mau berdiri miringkan ke arah kanan (perut kiri di atas). Kembung yang sudah parah akan memaksa ternak untuk jatuh (tidak bisa bangun), jangan biarkan ini terjadi.. usahakan ternak untuk terus berdiri atau di berdirikan.

Kematian akibat kembung adalah karena tertekannya organ nafas oleh udara dari perut sehingga kehabisan nafas dan MATI. Dengan posisi jatuh/njerum/tidak mau berdiri maka akan mempercepat KEMATIAN.

Selamat belajar kawan... salam ternak..!!!
Read more

Tips dan cara merawat rantai motor dengan baik

Tips dan cara merawat rantai motor dengan baik. Rantai pada motor merupakan salah satu komponen penting yang harus kita perhatikan. Saya pernah mengalami motor berhenti mendadak di tengah jalan raya karena rantai lepas dari gear karena kendur. Alhamdulillah..tidak ada kendaraan lain dari belakang saya. Saya berharap pengalaman saya ini tidak akan terjadi pada sobat AutoModifer. Lebih baik merawat motor dari pada diri kita yang dirawat karena motor.

Oleh karena itu, merawat rantai motor sangat saya anjurkan.  Berikut ini hasil rangkuman saya setelah melakukan browsing tentang tips dan cara merawat rantai motor.

cara tips merawat rantai motor

1. Membersihkan rantai motor dari kotoran
Tanpa kita sadari terutama pada sepeda motor yang tidak menggunakan tutup rantai motor, kotoran lebih cenderung menempel di sela-sela rantai motor baik debu, lumpur, atau serpihan lain yang menempel di rantai motor. Bila dibiarkan, kotoran tersebut menyebabkan rantai motor cepat kering, berkarat, dan cepat aus karena getas.

Jangan dianggap remeh bila rantai motor kotor, sebab rantai merupakan bagian penting pada motor. Kebersihan rantai motor akan berbanding lurus dengan kenyamanan yang Anda rasakan. Jika dibiarkan kotor, maka rantai akan berkarat. Bersihkan rantai motor dengan alat pembersih yang sudah ada di toko atau bengkel. Sebaiknya melakukan pembersihan ini tiap sebulan sekali.

2. Menyetel rantai motor secara rutin
Penyetelan tidak hanya mengencangkan atau mengendurkan rantai motor, tetapi juga membersihkan kotoran atau debu yang menempel serta mengatur pengunci pin sambungan. Untuk mengetahui ukuran itu ada di mal atau garis sobat AutoModifer yang ada di penarik rantai motor di ujung bawah shockbreaker roda belakang.Sangat disarankan untuk melakukan penyetelan rantai motor ini setiap motor telah berjalan 1.000 kilometer. Tingkat ketegangan rantai motor sebaiknya di posisi 5 – 25 milimeter. Ukuran jarak atau tingkat kekencangan juga bisa dilihat dari stiker yang ada di tutup rantai motor roda.

Adapun yang perlu sobat perhatikan pada kondisi pin yakni pastikan apakah pemasangannya sudah benar atau telah terjadi perubahan posisi. Hal itu sangat penting untuk dilakukan karena pin merupakan sambungan sekaligus pengunci sambungan rantai motor. Jika lepas, Sobat AutoModifer akan repot dibuatnya. Posisi itu cepat berubah-ubah karena suatu hal. Misalnya pada saat kecepatan tinggi pengendara melibas lubang atau jalan bergelombang, Sehingga beban rantai motor untuk menarik roda motor semakin berat atau saat motor mengangkut beban berat. Tips merawat rantai sepeda motor yang lain berikutnya adalah.

3. Memberi pelumas pada rantai motor
Pada dasarnya pabrikan mungkin telah merancang panjang umur pemakaian rantai motor tidak perlu pelumasan. Namun, karena faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran dari lumpur atau debu yang berpotensi menyebabkan komponen ini rusak.

Hanya, selama ini orang salah paham dalam memberi pelumasan. Biasanya orang melumasi rantai motor menggunakan oli bekas, terutama oli mesin. Padahal, dengan kondisi rantai motor tanpa tutup maka cairan oli akan menyiprat ke mana-mana saat motor dijalankan.

Terlebih pada saat hujan, oli tersebut juga akan bercampur dengan air hujan yang bersifat asam. Sehingga, kemampuan oli untuk melumasi juga berkurang. Dan juga kotoran mudah menempel pada rantai yang diberi oli.

4. Mengatur ketepatan jarak antara tutup rantai dan rantai motor
Bagi sepeda motor yang menggunakan tutup rantai motor, baik penuh maupun setengah terbuka, sebaiknya memastikan jarak antara keduanya benar-benar tepat sehingga tidak ada gesekan. Pasalnya, bila terjadi gesekan baik rantai motor maupun penutupnya akan cepat rusak. 

5. Memotong rantai satu kali
Dengan memotong rantai motor satu kali adalah cara yang paling ideal dan jitu jika ingin awet. Sebab hal itu dapat menghindarkan Anda pada kendurnya rantai. Ingat satu kali saja!

6. Menggunakan rantai dan gear asli
Penggunaan rantai dan gear palsu atau kw akan sangat beresiko pada kerusakan rantai. Terlebih lagi jika itu dari merek yang kurang terpercaya. Sangat disarankan untuk tetap menggunakan gear dan rantai asli dari bawaan motor.

Sebenarnya tidak begitu sulit kan merawat rantai motor. Hal ini tidak sebanding dengan hasil yang akan kita peroleh nantinya. Semoga tips dan cara merawat rantai motor di atas bermanfaat bagi sobat.
Read more

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Modifikasi Motor Klasik

Apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum modifikasi motor klasik (tua/jadul)? Simak informasi ringan berikut ini.

Pemilik motor klasik pasti sering bingung ketika ingin memodifikasi, mengubah, atau memperbaiki agar tampilan motor tua/klasik hampir sama seperti keadaan aslinya. Tetapi jika AutoModifers telah menemukan bengkel yang tepat, harus ada beberapa poin yang perlu dipersiapkan dalam memodifikasi motor klasiknya.

Seperti yang dijelaskan oleh Mas Suyadi pemilik Bengkel Latip Motor, beralamat di Jalan Raya Bogor, KM 26,5 Pekayon Pasar Rebo Jakarta Timur. "Ada beberapa persiapan untuk memodifikasi motor tua, dan ini yang terkadang konsumen kurang mengerti," kata Suyadi. (detik. com)

hal yang perlu sebelum modifikasi motor jadul

Nah mau tahu apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum modifikasi motor klasik atau untuk membangun ulang motor klasik anda? Mari simak yang berikut ini.

 1. Siapkan uang

Tentu saja, memodifikasi atau membangun motor klasik pasti akan jauh berbeda dengan modifikasi motor yang berumur muda. Misalnya pada spare part, susahnya mencari spare part orisinil membuat harga semakin melambung tinggi jika mendapatkannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan harga sparepart motor klasik bisa memiliki harga setengahnya biaya modifikasi yang dilakukan.

 2. Tentukan desain

Buat AutoModifers yang pengen banget mempunya motor klasik, juga bisa memodifikasi motor batangan. Tetapi yang harus diperhatikan, AutoModifers harus benar-benar mempersiapkan desain motor klasik atau aliran modifikasi seperti apa karena modifikasi yang dilakukan tidak menutup kemungkinan akan mengubah rangka dan lain-lainnya, agar tampilan betul-betul mirip dengan motor klasik, namun menggunakan mesin yang berumur muda.

Misalnya untuk motor Honda Mega Pro, yang ingin diubah menjadi Honda CB yang macho bertampang klasik. Bisa dipastikan ada beberapa part yang diganti atau bahkan diubah.

 3. Persiapkan waktu dan Kesabaran

Waktu dalam mengerjakan motor klasik bisa terbilang akan memakan waktu yang cukup lama. Karena ketelitian sangat dibutuhkan sehingga tidak bisa dipaksa untuk dipercepat pengerjaannya agar hasilnya baik.
Terlebih sparepart yang sulit diperoleh atau membangun ulang part yang dibutuhkan, itu juga bisa memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk membangun motor klasik secara keseluruhan bisa mencapai 2 bulan bahkan lebih. Jadi harus sabar.

 4. Harus siap mencari spare part bersama-sama

Karena sulitnya mencari sparepart membuat Anda sebagai pemilik kendaraan motor klasik atau membangun motor klasik, juga seharusnya siap ikut membantu mencari spare part. Tidak harus hanya mengandalkan bengkel motor klasik. Hal ini agar pengerjaan akan bisa menjadi lebih cepat jika spare part yang dibutuhkan lebih cepat didapatkan.

5. Siap untuk mengubah jeroan mesin

Memodifikasi mesin dilakukan jika memang sangat terpaksa, untuk penggila motor klasik harus benar-benar siap mengubah isi jeroan mesin dengan sparepart yang berumur muda. Ini bisa saja terjadi apabila memang spare part sulit ditemukan. Terlebih sparepart pada mesin, sehingga para modifikator akan menyarankan pemilik untuk bisa mengubahnya dengan menggunakan spare part yang lebih berusia muda. Namun bisa dipastikan tidak akan merusak mesin motor. Karena akan percuma jika motor telah memiliki tampilan klasik seperti sediakala, namun tidak bisa dikendarai.

Nah itu adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum modifikasi motor klasik anda. Semoga setelah berkunjung ke AutoModifer ini, Anda mendapat pengetahuan. Terima kasih.
Read more

MEMBUAT PAKAN FERMENTASI


Pakan fermentasi  mempunyai beberapa keuntungan diantaranya:
·         - Memperbaiki pencernakan ternak dan kotoran menjadi sedikit
·         - Lebih tahan terhadap penyakit
·        - Meningkatkan produksi susu pada ternak perah
·        - Menjadikan susu kambing menjadi tidak beraroma kambing (prengus)
·        - Mengurangi bau kotoran dan limbah peternakan
·        - Meningkatkan nafsu makan

Fermentasi pakan dari bahan:
Bahan Serat Kasar (Jerami padi, kulit kacang hijau,kulit  kedelai, kulit kacang, Kulit kedelai, tebon jagung, janggel jagung, limbah gergajian sengon, dll).
- Bahan Penguat (Pollard / bekatul gandum, bekatul / dedak, ampas tahu, ampas kecap, dll)
-  Tetes tebu, gula merah atau jenis gula lainnya
Probiotik

SIAPKAN WADAH/TEMPAT FERMENTASI YANG KEDAP UDARA (HAMPA UDARA)

Langkah-langkahnya yaitu:

1. Cacah bahan serat kasar menggunakan mesin pencacah/chopper atau cacah manual. Usahakan di tempat yang tidak menyentuh tanah langsung. Semakin luas permukaan bahan semakin bagus.

2. Siapkan Bahan-bahan penguat seperti pollard, ampas tahu, kulit kedelai, bekatul/dedak, dan biji-bijian jika ada. Fungsi bahan penguat nantinya adalah untuk melengkapi nilai gizi pakan secara keseluruhan.

3. Membuat larutan probiotik (aktivasi bakteri probiotik) dengan cara masukkan 250-300ml  tetes tebu atau gula ke dalam 2 liter air lalu aduk hingga larut, kemudian masukkan 5 tutup botol atau 5 sendok makan Probiotik (Starbio, EM4, MA-11, dll) kedalam larutan gula dan aduk rata. Diamkan selama 5-10 menit.

4. Campurkan bahan-bahan yang akan difermentasi (bahan serat kasar dan bahan penguat) seperti ampas tahu, polard, kulit kedelai, bekatul dan bahan serat yg telah dicacah. Aduk dan campur bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata.
Perhatian!!!Perbandingan terbaik untuk memperoleh hasil fermentasi yang optimal dan bagus adalah Bahan serat 70% : Bahan Penguat 30% (atau perbandingan 60 : 40).

5. Siramkan, semprotkan atau dicipratkan larutan aktivasi bakteri probiotik ke campuran adonan bahan yang akan difermentasi secara merata (aduk2 untuk mendapatkan campuran yang merata).
Perhatian!!! Kadar air total dalam adonan semua bahan adalah maksimal 60%, cek mudah dengan menggenggam dan meremasnya, jika tidak ada air yang menetes berarti kadar air dalam total bahan <60 o:p="">

6. Setelah disemprot rata, masukkan dalam wadah tertutup, padatkan sepadat mungkin untuk mengurangi kemungkinan adanya udara. Tutup tong, jerigen, ember/plastik dengan rapat sampai tidak ada udara yang masuk ke dalam, dan diamkan selama minimal 7 hari.

Setelah 7 hari buka tutup ember, pakan fermentasi yang kita buat telah jadi. Bau harum pakan hasil fermentasi menandakan proses fermentasi pada bahan pakan telah berhasil, apabila pakan berjamur, berbau tidak harum kemungkinan ada udara masuk (bocor) atau takaran komposisi bahan yang kita buat belum tepat.
Pakan fermentasi sebelum di berikan perlu diangin-anginkan 5-10 menit sebelum diberikan pada ternak. Adaptasi/pembiasaan untuk bisa total pakan fermentasi pada tiap ternak berbeda-beda (minimal 2 hari)
Pakan fermentasi selama tertutup rapat masih dapat digunakan sampai waktu yang lama (2-3 tahun)

Selamat mencoba.
Read more

Contoh Modifikasi Honda CB 100 Classic untuk Inspirasi

Sobat memiliki motor kuno atau jaman dulu alias jadul, misalnya saja Honda CB 100 Classic. Jangan terburu untuk dijual atau disimpan saja. Sobat bisa memodif motor CB 100 classic jadi keren. Disini saya akan memberikan beberapa contoh modifikasi Honda CB 100 Classic yang bisa dijadikan inspirasi atau ide.

Gambar-gambar ini merupakan hasil mengambil dari blog teman-teman blogger. Contoh-contoh modifikasi Honda CB 100 Classic ini tidak saya berikan penjelasannya hanya sebatas gambar atau foto saja. Jadi mohon maaf.

Berikut ini beberapa contoh modifikasi honda cb 100 classic:

modifikasi cb 100 minimalis

Dalam modifikasi motor cb 100 dengan model tua ini memperlihatkan pengubahan bagian motor dari segi silinder head yang menggunakan varian dari motor bebek Suzuki Satria F150.suspense depan yang digantikan dengan bahan milik motor keluaran Honda yang sebelumnya yaitu GL 200pemakaian cakram hidrolik dengan 2 piston yang mampu menjepit piringan diameter lebar velg variasi palang 6 yang berwarna merah solid. Kemudian dengan lengan ayun dari GL series suspensi klasik dari Honda Astre Grand.memakai knalpot milik GL pro yang berkapasitas dekat dengan distel spuyernya. (http:// www. fotomodifikasimotor. com/ modifikasi-motor-cb-100-model-klasik/)

modifikasi cb 100 jap style
CB100 ’73 Custom Cadas
(http:// nengbiker. com/2010/01/ dijual-cb100-73-custom-cadas/)

contoh modifikasi honda cb 100
 (http:// screamcode. blogspot. com/2012/06/ 7-modifikasi-motor-honda-cb100-keren. html)

contoh modif motor cb 100
(http:// modifmotor. info/model- modifikasi-honda-cb-100-terbaru- 2014/)

(http:// bestmodifikasimotor. bestbikez. com/2012/07/tips- modifikasi-honda-cb. html)

(http:// motor-oke.blogspot. com/2011/08/ modifikasi-honda-cb100-cafe-racer .html)

(http://www.kaskus. co.id / thread/511092170975b48103000006/ honda-cb100-full-modifikasi)

Bagaimana? apa sudah ada sedikit inspirasi dan ide yang terbesit dipikaran sobat?
Semoga sedikit contoh modifikasi honda cb 100 classic ini menginspirasi sobat.
Selamat memodif ria.

Read more

Archive