Cara Terlengkap Perawatan Vespa yang Baik

cara perawatan karburator, busi, body motor vespa
Merawat bagian-bagian mesin motor vespa merupakan hal yang harus dan wajib dilakukan oleh penggunanya agar motor tua ini tetap kencang dan bagus mengingat spareparts motor ini sudah jarang kita temukan.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi kepada anda cara merawat mesin motor vespa terlengkap mulai dari perawatan karburator, perawatan kabel versneling, perawatan busi, dan perawatan body vespa. Sebelumnya saya pernah posting artikel tentang cara bikin vespa lari kencang atau kohar dan langsung saja dibaca ulasan mengenai cara perawatan vespa dibawah ini.

Perawatan karburator

perawatan karburator motor vespa
Karburator adalah bagian mesin dari vespa yang sering mengalami masalah dan jika tidak kita rawat dengan baik, bisa jadi kita akan kereppotan saat mengendarai vespa ini dijalan terutama saat mogok.

Biasanya yang membuat karburator bermasalah yaitu karena tersumbat dan untuk menghindari masalah ini terjadi adalah dengan membersihkan secara berkala karburator dari kotoran-kotoran.

Perawatan kabel versneling

 Kerusakan lainnya yang sering terjadi pada motor vespa yaitu sulitnya melakukan perpindahan gigi dan ini diakibatkan kabel versneling longgal atau kendor.

Untuk memperbaiki masalah ini, pada posisi gigi 4 setel kabel satunya lagi ke posisi gigi 1. Namun ingat untuk memperhatikan posisinya, karena jika terjadi kesalahan akan menyebabkan oper gigi menjadi kacau.

Perawatan busi

perawatan busi motor vespa
Busi menjadi penyebab permasalahan motor tua, bukan hanya vespa  tapi semua merk motor tua dan akibat yang terjadi adalah motor vespa anda akan boros busi karena terlalu sering ganti. Hal ini disebabkan oleh salahnya memilih oli samping dan kombiniasi bahan bakar yang tidak tepat.

Untuk menghindarinya, kita harus rajin memeriksa keadaan busi vespa dan jika terdapat sedikit kotoran langsung bersihkan dengan menggunakan sedikit bensin dan amplas. sedangkan bagian dalamnya dibersihkan menggunakan kawat.

Perawatan body

Semua orang tau kalau keseluruhan body vespa menggunakan besi. Besi sangat rentan dengan karat, oleh karena itu kita harus melapisinya dengan cat. Selain itu kita juga harus segera bersikan body vespa jika terkena lumpur, terutama bagian bawah motor vespa.

Sampai disini postingan dari saya dan semoga ulasan mengenai tips perawatan motor vespa ini bermanfaat untuk anda, atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.

Archive