Cara Mengecat Body Motor Dengan Kompresor

Cara mengecat body motor - Pada kesempatan kali ini saya akan bagikan kepada anda cara mengecat body motor sendiri dengan menggunakan kompresor yang langkah-langkahnya saya yakin sangat mudah dan anda pasti bisa melakukannya.

Cara Mengecat Body Motor Dengan Kompresor

tips cara mengecat body sepeda motor
Pertama sekali sebelum kita melakukan proses pengecatan yaitu menyiapkan bahan serta alat yang akan dipakai seperti :
  1. Degreaser
  2. Dempul
  3. Epoxy primer
  4. Epoxy surfacer
  5. Cat finishing
  6. Clear coat
  7. Amplas ukuran 80, 120, 360, 400, 600, 1500, dan 2000

Buat Ruang Khusus untuk Pengecatan:

Tidak butuh memakai ruangan khusus untuk pengecatan lumayan gunakan gudang anda. Bersihkan gudang kamu serta lapisi dengan terpal alias plastik berwarna putih ( dapat juga dengan dicat ). Serta letakkan beberapa kipas angin / blower dengan beberapa ukuran kecepatan untuk menyedot partikel serta aroma di dalam ruangan.
Siapkan juga lampu penerangan / tube lamp yang diletakan berlawanan arah untuk memberikan lumayan pencahayaan saat kamu mengecat motor, yang nantinya bakal dibantu oleh refleksi pantulan sinar dari dinding warna putih yang telah kamu persiapkan sebelumnya.
Cara Mengecat Velg Motor

Keamanan

Pastikan juga sirkulasi udara dalam spray booth ( ruang pengecatan ) bagus, maka tak membahayakan bagi kesehatan anda. Faktor ini penting untuk menecegah kebakaran sebab aroma serta aroma cat tersebut sangat mudah terbakar. Pastikan alat listrik , steaker, kabel telah terinstal dengan benar serta tak membahayakan, serta juga gunakanlah masker yang berkualitas bagus.

Alat Pengecatan Motor

Setidaknya kamu memakai dua spraygun yang bagus, Ukuran Kompresor Angin Yang tepat serta bagus. Spray gun diperlukan 2 unit untuk primer serta yang lainya untuk pengecatan serta software clear coat.

Tahap Pengecatan motor

Lepaskan Tangki motor dari rangka. Biasanya tersedia dua sekrup yang berada di depan serta tahap belakang. Jangan lupa menutup kran bahan bakar dahulu. Pastikan tangki motor yang bakal kamu cat tak mengalami kebocoran. Sebaiknya lakuakan dulu perontokan cat dari besi tangki. Jika ada kebocoran gunakanlah epoxy serta dilapisi memakai fiberglass alias lebih bagusnya kamu reparasi ke spesialis reparasi tangki, sebab tahap tangki merupakan suatu  item mutlak bagi penampilan motor.
Setelah persoalan kebocoran teratasi Keringkan serta tutup katup bahan bakar memakai isolasi pastikan dahulu tak ada gas bahan bakar alias aroma bensin / wajib kering sepenuhnya. Isolasilah semua tahap dari panel yang kamu tak ingin mengecatnya contoh : strip, Variasi, Logo dll.
Setelah proses pengupasan cat berakhir gunakanlah degreaser / dilap pakai thinner untuk membersihkan permukaan besi dari kotoran serta minyak.
Gunakanlah Epoxy Primer ( Khusus besi ) diatas celah kecil serta tahap yang penyok. Penggunaan Epoxy Primer memberikan lapisan dasar serta daya rekat yang keren untuk lapisan Cat diatasnya. Semprotkanlah primer dengan gerakan yang agak cepat pada permulaan pengaplikasian agar memperoleh lapisan yang tipis serta merata. Kemudian  Gunakanlah Primer dalam jumlah secukupnya beberapa lapis hingga kamu puas. Kadang dapat hingga 6 lapisan alias bahkan lebih.

Amplas Epoxy memakai amplas ukuran 120 alias 360 dilanjutkan dengan ukuran 400 alias lebih, berfungsi untuk menghaluskan serta memberikan pola alamiah dari cat, serta menghasilkan lapisan cat berikutnya sehalus sutra. jika ada celah kecil / penyok yang terkesan oleh mata kamu serta tangan kamu seusai proses menghaluskan epoxy, gunakanlah dempul secukupnya untuk menutup area tersebut ( tak boleh melebihi 2 cm ketebalanya ). Biasanya dalam proses pengamplasan epoxy penyok kecil ini mudah terkesan serta terasa.
Gunakanlah amplas ukuran 80 serta pada saat dempul tersebut telah berkuran ketebalanya lanjutkan memakai amplas ukuran 120 serta kemudian finishing amplas ukuran 400. Serta kini kamu telah siap untuk penggunaan epoxy surfacer yang bakal memberikan lapisan yang lebih halus serta ideal untuk dudukan cat.
Epoxy Surfacer juga bakal mencegah Thinner masuk kedalam dempul yang mana bakal mengakibatkan hasil pengecatan menggelembung pada clear coat. Pastikan kamu mengikuti panduan serta spesifikasi pada setiap produk cat yang kamu gunakan. Kegagalan pengaplikasian produk dampak kesalahan pencampuran takaran, waktu pencampuran , serta temperatur bakal mengakibatkan kamu frustasi.

Penggunaan Cat serta Clear Coat

Sekarang saatnya mengecat !!!. Semprotkan cat menurut Spesifikasi panduan produk jumlah campuran, waktu per lapisan, suhu pengeringan dll. Serta kemudian gunakanlah clear coat. Seusai ronde pertama clear coat telah kering amplaslah memakai amplas basah ukuran 600. kamu bakal menonton celah / pori pada lapisan clear coat tersebut. Lanjutkan pengamplasan hingga pori tersebut hilang. Jika kamu bakal melakukan Airbrush sekaranglah saat nya menggambar diatas permukaanya. Seusai berakhir menggambar alias memakai cutting sticker tutuplah memakai proses pengaplikasian clear coat lagi. Kadang wajib memakai 2 lapisan lagi alias lebih untuk mengubur foto tersebut.
Apabila telah halus serta bagus, Amplaslah memakai ukuran 1500. Jika kamu ingin hasil lapisan yang lebih lembut serta mengkilap lanjutkan memakai ukuran 2000.

Tahap Pemolesan

Sekarang merupakan tahap kerja yang paling ditunggu. Faktor terbaru merupakan memoles body motor yang telah dicat maka sehalus kaca. Kamu memperlukan alat poles yang memiliki kecepatan yang bervariasi , sponge poles, serta kompon.
Gunakanlah kompon halus untuk menghapus permukaan clear coat yang jadul dampak proses pengamplasan tadi. Seusai lumayan licin kamu dapat memakai obat poles untuk menimbulkan kilap dari nilai clear coat yang kamu gunakan.

Archive