Cara Mengatasi Aki Tekor Terlengkap

Cara Mengatasi Aki Mobil atau Motor yang Tekor

cara mengatasi aki mobil atau motor yang tekor
Cara mengatasi aki tekor terlengkap - Selamat sore semua, setelah lama saya tidak posting artikel pada kesempatan kali ini saya akan bagikan kepada anda cara mengatasi aki tekor pada mobil dan motor setelah sebelumnya yaitu penyebab aki tekor.

Aki atau accu (akumulator) adalah sebuah alat yang bisa menyimpan energi (energi listrik) dalam bentuk energi kimia, sebagai contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. Okey, kembali ke topik langsung saja berikut cara mengatasi mobil atau motor bila aki tekor.

Cara mengatasi aki mobil yang tekor

mengatasi aki mobil yang tekor
Dalam mengatasi aki mobil yang tekor, disini saya ada 3 tips yaitu dengan air panas, bubuk EDTA, dan kertas merah.

Dengan air panas

  1. Rebus 3 (tiga) liter air hingga mendidih, apabila telah mendidih diamkan sekira 30 menit untuk menghindari panas air yang berlebihan.
  2. Buka semua tutup cairan aki, biasanya aki mobil dengan 6 penutup (12 Volt) kemudian buang semua airnya. Hati-hati jangan hingga kena kulit, sebab air aki tersebut dapat menyebabkan gatal.
  3. Apabila telah terkuras habis, masukan air yang panas tadi. Lalu isi sebagian saja, lalu tutup semua lubangnya kembali dengan penutup semula.
  4. Goyang/kocok aki tersebut sampai air yang ada didalamnya berubah warna menjadi hitam.
    Tujuan dari pengocokan aki tersebut merupakan untuk membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element aki. Disamping itu, pemberian air panas tersebut bertujuan juga untuk menghidupkan kembali element yang telah mati.
  5. Jika air yang ada didalam aki telah terlalu hitam serta pekat, kamu dapat membungnya dulu, kemudian ulangi lagi dari langkah 3.
  6. Ulangi semakin hingga air yang ada didalam aki bersih, pengalaman saya 6 (enam ) kali baru bersih.
  7. Jika telah bersih, berikutnya kamu dapat memasukan air aki tipe Zuur serta aki siap dipakai (supaya lebih optimal diamkan sekira 4-6 jam baru dipakai untuk starter mobil.

Dengan bubuk EDTA

Cara kedua memakai bubuk Tetrasodium EDTA dengan kode : Na4-EDTA. Bubuk ini bisa dibeli di toko-toko yang menjual alat-alat kimia, saya memperoleh bubuk ini dengan harga Rp.70.000.- per kg. Bubuk EDTA bertujuan sebagai ‘vitamin’ untuk menambah / menguatkan elemen-elemen yang ada dalam accu/aki. Pengalaman saya sendiri memakai bubuk EDTA ini cukup membantu, mobil bisa digunakan selagi 1 (satu) hari, seusai itu aki kembali soak bahkan lebih parah, jangankan untuk star mobil, untuk menyalakan lampu saja tak mampu.

Dengan kertas merah

Dibanding tutorial pertama serta kedua, tutorial ketiga ini adalah tutorial yang paling mudah serta praktis hasilnya juga sangat memuaskan. Saya menyarankan sebaiknya kamu memakai tutorial ini saja agar lebih ekonomis waktu serta tak ragu mobil bakal mogok dijalan, pengalaman saya memakai ketiga tutorial ini, tutorial memakai kertas merah adalah tutorial yang paling jitu.

Untuk meggunakan tutorial ini ikuti langkah berikut :
  1. Catat nomor seri yang ada di accu mobil kamu diantara teriminal negative (-) serta terminal Positif (+), Umpama : 36B19R hati-hati jangan hingga salah sebab apabila Nomor seri bukan R melainkan L jadi perlakuannya bakal tak sama pada waktu pemasangan.
  2. Ambil kertas merah sebanyak berkisar 5 ( lima) helai.
  3. Serahkan saja terhadap petugas lalu tunggu proses kurang-lebih sekitar 30 menit.
  4. Langkah terakhir coba kamu hidupkan mobil, pengalaman saya mobil bakal hidup dengan prima, klakson bersuara lantang demikian juga audio serta lampu-lampu.

    Dengan memakai kertas merah dijamain kamu gak bakal sedih dan gak bakal khawatir mobil bakal mogok dijalan.

Cara mengatasi aki motor yang tekor

mengatasi aki motor yang tekor
Disini saya akan kasih tau cara memperbaiki atau mengatasi aki tekor saat ganti lampu HID :

Ganti kiprok tiger

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti  kiprok standar dengan kiprok honda tiger yang soketnya 5 buah. Untuk yang asli, harga kiproknya berkisar 150ribu. Kenapa haru pakai kiprok honda tiger ?, karena kiprok honda tiger memiliki bridge atau kemampuan melipat gandakan arus pengisian yang lebih besar 2 kali libat dibanding motor lainnya.

Ganti sepul

Guna dari mengganti sepul yaitu agar pengisian menjadi DC, hal ini menjadi keuntungan tersindiri bagi motor yang menggunakan arus DC seperti yamaha vixion. Dengan mengubah arus yang awalnya AC menjadi DC maka aki tidak akan kewalahan dalam menghandel banyaknya arus yang dibutuhkan saat menghidupkan lampu HID.

Archive