Cara Modifikasi Motor RX King Terlengkap

Cara Modifikasi Mesin Motor Yamaha RX King Terbaru

modifikasi motor yamaha rx king terlengkap
Cara modifikasi motor rx king terlengkap - Selamat siang sahabat otomotif, pada kesempatan kali ini saya akan bagikan kepada anda cara modifikasi sepeda motor rx king setelah sebelumnya yaitu cara modifikasi motor astrea prima klasik jadi choppy cub yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.

Rx king merupakan salah satu sepeda motor 2 tak produksi yamaha yang populer pada tahun 90-an. Meskipun sudah lama, tetapi sampai sekarang ini masih banyak sekali remaja bahkan orang tua yang ingin mengendarai rx king. Okey, kembali ke topik pembahasan langsung saja berikut cara modifikasi mesin motor yamaha rx king terbaru di bawah ini.

Cara modifikasi motor, menigkatkan performa mesin rx king

cara modifikasi meningkatkan performa mesin rx king
Pada pembahasan kali ini saya lebih mengarahkan modifikasi dalam meningkatkan performa mesin, bukan pada bagian tampilan. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini yh gan.

Kepala silinder

modifikasi kepala silinder rx king
Yang pertama dikorek yaitu mendongkrak perbandingan kompresi, pemampatan pembakaran dibikin padat, tapi tak ekstrem. Ya enak untuk percepatan saja. Caranya mengurangi volume ruang bakar atau  kubahnya dengan cara dibubut. Untuk urusan ini silahkan bawa ke tukang bubut.

Pangkas kurang lebih 1 hingga 1,5 mm. Yang dimanfaatkan hanya mengurangi ruangannya. Bentuk kubah dikembalikan standar, diameter kubahnya 58 mm. Tergolong lebar squis 12 mm, nat  0,5 mm serta derajat kemiringan squish areanya 14 derajat. Nah ini tukang bubut yang biasa terima korekan tentu mengerti. Kalau dirinya nggak ngerti, mendingan cari tukang bubut lain. Tujuannya karakter aslinya si Jambret tak tidak sedikit berubah.

Blok silinder

modifikasi blok silinder rx king
Kunci kinerja enak  mesin 2-tak ada pada celah silinder blok. Di sana ada celah transfer serta exhaust. Tapi, khusus silinder RX-King generasi awal diberi kode produksi Y (Y-1 hingga Y-4). RX-king generasi baru kodenya YP atau YP-1 hingga YP-4. Diameter celah transfer serta buang kode Y lebih besar dari YP.  Celah transfer  Y disarankan hanya menghaluskan kulit jeruknya. Beda dengan YP sebab lebih kecil boleh dikikis 1 mm.

Buat celah eksos ada 2 tutorial yang dapat ditempuh untuk memperlancar  gas buang. Pertama memperlebar celah ke samping kanan-kiri. Tapi tutorial ini berisiko. Bila pembesarannya terlalu lebar, dapat-bisa ring piston tersangkut pada bibir lubang. Ring kerap patah.

Cara kedua mengikis dinding celah buang tahap atas, istilahnya mengurangi tinggi lubang. Tutorial ini lebih aman dari  yang pertama serta pengikisannya tak terbatas. Untuk kode Y silakan pangks kurang lebih  1 mm sedang YP 2 mm. Lebih dari itu motor bakalan nguook, sebab torsinya bergeser ke putaran tinggi. Bawanya juga wajib rpm tinggi melulu, ingat ya bukan untuk balap. Juga model lubangnya jangan diubah, usahakan tetap semacam bawaan motor yang elips macam telur.

Knalpot

modifikasi knalpot rx king
Urusan mesin telah beres, tinggal atur perangkat gas buang. Pada mesin 2-tak peran kenalpot sangat besar.  Hampir 30% tenaga mesin 2-tak ditentukan kenalpot.  Disarankan memakai kenalpot 3V3 yang dulunya tenar di arena kebut lurus. Bila di Jatim sebutannya kenalpot telo (ketela). Model kenalpot ini sebetulnya sempat tenar di GP250 akhir 80-an. Pipa perut serta silincer tanpa sambungan. Dimensinya lebih singkat dari kenalpot racing umumnya. Sebab itulah pipa gas buang  ini  cenderung mengutamakan akselerasi. Di pasaran terdapat tak sedikit merek, dari pabrikan kenalpot beken hingga pengrajin pinggir jalan. Harganya Rp 200-250 rebu.

Reedvalvedan karburator

Tinggal setting agen bahan bakar. Bakal percuma modif yang telah dilakukan bila part pengabut bensin tak dimaksimalkan. Untuk itu butuh dilakukan adaptasi pada reedvalve atau membran serta karburator. Sebab uUntuk harian dapat memaksimalkan membran bawaan motor. Tak usah beli membran yang muahal macam V-Force, apalagi V-Force3 yang hampir Rp 1`,5  juta. Pake aja yang standar tinggal atur tinggi stopper membran 10 mm.

Lanjut setting karburator. Aslinya RX-King berkarbu Mikuni VM 26, buat yang mau lebih dapat pakai  milik Kawasaki Ninja (PWL 26) yang sama venturinya 26mm. Tetap tak lebih juga, ya cangkok karbu PE28. Kini tak sedikit PE versi kw mulai Rp 250 rebu.  Bila motornya tak jarang diajak turing luar kota, lebih sip PE28 sebab napasnya panjang.

Tinggal atur spuyernya. Untuk setting spuyer silakan motor diajak running sembari buka gas. Bila bawahnya terasa menjerit (garing), itu tandanya kering. Lebih percaya lagi mari lihat busi, tentu juga kering yang warnanya putih.  Artinya pilot jet-nya minta naik. Sebaliknya bila gas dibejek mesin mbrebet serta nggak nyambung, itu basah, pilotnya minta turun, businya hitam. Jangan berhenti dulu, semakin digas hingga mesin meletus. Hehehe, maksudnya hingga 9.000 rpm. Rasakan lagi bila terasa kering, itu main-jet minta naik, begitu sebaliknya persis dengan setting pilot-jet tadi, hingga elektroda busi merah.

Archive