Bagaimana Cara Memasang Kampas Kopling Motor Sendiri yang Benar ?

Cara Memasang Kampas Kopling Motor 2 Tak dan 4 Tak

cara memasang, akibat, penyebab kampas kopling motor
Cara memasang kampas kopling motor sendiri merupakan pertanyaan yang simpel dan sudah sangat sering kita dengar dan pada kesempatan kali ini saya bahas cara pasang kampas kopling motor. Ada pertanyaan, apa akibat jika kampas kopling habis namun tidak diganti ?, ini juga pertanyaan yang menurut saya greget tapi harus dijawab dan untuk lebih jelasnya anda bisa baca ulasan dibawah ini.

Penyebab kampas kopling habis

Jika ada akibat pasti ada sebab, namun apa penyebab kampas kopling motor cepat habis ?
  1. Jarak tempuh kendaraan menjadi penyebab utama yang membuat kampas kopling cepat habis, jadi jika anda ingin kampas kopling awet, jangan pakai motor dalam perjalanan dekat jika masih bisa jalan kaki.
  2. Karakter pengendara motor yang terlalu over juga bisa menjadi penyebab, jadi dalam berkendara santai saja ok.

    Dampak kampas kopling habis

    Banyak akibat yang dihasilkan jika kampas kopling habis tetapi dibiarkan, jadi hati-hati dan akibat yang dihasilkan adalah sebagai berikut :
    1. Akselerasi mesin menjadi lemah
    2. Sering terjadi selip kopling
    3. Starter ringan atau sering disebut ngelos
    4. Putaran mesin menjadi tinggi
    5. Perpindahan gigi perseneling
    6. Tenaga mesin menjadi berkurang
    7. Sangat sering terjadi lepas kopling

      Cara terlengkap memasang kampas kopling sepeda motor yang benar

      Setelah membaca akibat yang ditimbulkan jika kampas kopling habis, bisa kita bayangkan jika itu terjadi saat kita berkendara. Sudah dibayangkan, pasti sangat mengganggu bukan ?, jika anda tidak memiliki waktu ke bengkel anda bisa kok mengganti kampas kopling motor sendiri dengan cara sebagai berikut :
      1. Langkah pertama yang jelas harus kita lakukan yaitu mengeluarkan oli mesin
      2. Setelah terkuras habis, lepaskan kick starter dan bak kopling
      3. Lalu setelah bak kopling terlepas, maka kita akan melihat 2 lingkaran yaitu kopling utama dan kopling ganda
      4. Untuk melepas pemindah daya ini sangat mudah, cukup dengan melepas baut pengikat (biasanya berjumlah 4 atau 6)
      5. Setelah terlepas, maka rangkaian yang terdiri dari pegas, mangkuk penekan, plat penekan dan kampas koplingnya sudah terurai
      6. Lalu lepas baut pengikatnya dengan benar yaitu dengan mengendurkan baut-baut ini secara merata atau tidak dilepas satu persatu. Hal ini dilakukan karena jika kita salah dalam melepas baut, maka besar kemungkinan baut akan dol
      7. Dan setelah itu kita tinggal mengganti kampas kopling yang lama dengan yang baru.
      Sampai disini artikel yang saya rasa sangat lengkap ini dan semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga anda dapat mempraktekannya dan bisa memasang kampas kopling motor sendiri dengan benar.

      Archive