Cara Kohar Vespa
Cara modifikasi kohar motor vespa - Selamat malam sahabat otomotif semua, kemarin saya bagikan cara modifikasi motor biaya murah dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara kohar motor vespa terbaru. Langsung saja disimak langkah-langkah modifikasinya dibawah ini.
Biasanya pada blok mesin piston dan selinder diberi celah,namun tak sembarangan mengasih celah semua ada ukurannya, Bilamana dikasih celah sembarangan piston akan ngejim.
Untuk mengatasi masalah itu tidak akan terjadi, karena dibawah ini ada ukurannya yaitu sebagai berikut :
Ubahan yang saya lakukan sangat sederhana tanpa harus membeli onderdil pengganti, dan terbukti dapat meningkatkan performa dan speed motor vespa saya.
Awalnya, ide ini muncul karena rasa penasaran atas kemampuan vespa yang katanya g bisa lari(motor butut). akhirnya rasa penasaran ini di curahkan pada motor Vespa. Adapun karb (singkatan dari karburator) menggunakan karburator PX 150. Standardnya, karburator ini memiliki lubang venturi (isapan udara) berukuran 18 mm walaupun pada bodi karb tertulis 20 mm. kemudian pilot jet dan main jet menggunakan 48-160.
adapun ubahan yang di lakukan yaitu berupa pembesaran (reamer) lubang venturi karb dari 18 mm menjadi 24 mm (setara karb spartan 24 mm). Ubahan ini dilakukan tidak hanya pada lubang venturi bagian luar, namun bagian dalamnya juga. Efek dari perubahan ini yaitu, lidah skep karb standar tidak dapat dipakai lagi dan harus diganti dengan plat almunium setebal 1,5mm yang di model menyerupai lidah skep yang asli namun dengan ukurun berbeda yaitu 24mm (yang asli cuma 18mm).
Setelah melakukan perubahan ini, pilot jet dan main jet pun ikut di sentuh dengan pisau tunnig(kikir dan bor) untuk mendapatkan ukuran sepuyer (bahasa lain dari pilot dan main jet) yang tepat mengingat ukuran spuyer pada karb PX150 sudah terbesar dikelasnya dan sudah tidak ada di jual yang lebih besar lagi.
untuk pilot jet dan main jet, cukup bagian ujungnya yang diperbesar menggunakan mata bor 0,5mm. perubahan ini dirasa sudah cukup besar untuk mengalirkan bensin dengan deras ke blok selinder vespa anda.
Sampai disini maka motor verpa anda sudah kohar (korek harian) dan siap melaju kencang di jalanan. Ingat yh gan, kalau bawa motor hati-hati dan semoga bermanfaat postingan tentang cara kohar vespa ini.
Cara modifikasi kohar supra fit
Biasanya pada blok mesin piston dan selinder diberi celah,namun tak sembarangan mengasih celah semua ada ukurannya, Bilamana dikasih celah sembarangan piston akan ngejim.
Untuk mengatasi masalah itu tidak akan terjadi, karena dibawah ini ada ukurannya yaitu sebagai berikut :
Dijamin mesin vespa anda tidak macet, proses rayen selama tiga hari,penggunaan oli samping sebaiknya 1,5 dari takaran biasa atau tiga tutup botol oli samping pada bensin satu liter. Oli sehabis korter pakai oli bagus bisa pake oli jumbo atau oli samping pertamina.C=diameter cylinder max
P=diameter luar piston
Piston Clearance 0,0040 /0,0045
Ubahan yang saya lakukan sangat sederhana tanpa harus membeli onderdil pengganti, dan terbukti dapat meningkatkan performa dan speed motor vespa saya.
Awalnya, ide ini muncul karena rasa penasaran atas kemampuan vespa yang katanya g bisa lari(motor butut). akhirnya rasa penasaran ini di curahkan pada motor Vespa. Adapun karb (singkatan dari karburator) menggunakan karburator PX 150. Standardnya, karburator ini memiliki lubang venturi (isapan udara) berukuran 18 mm walaupun pada bodi karb tertulis 20 mm. kemudian pilot jet dan main jet menggunakan 48-160.
adapun ubahan yang di lakukan yaitu berupa pembesaran (reamer) lubang venturi karb dari 18 mm menjadi 24 mm (setara karb spartan 24 mm). Ubahan ini dilakukan tidak hanya pada lubang venturi bagian luar, namun bagian dalamnya juga. Efek dari perubahan ini yaitu, lidah skep karb standar tidak dapat dipakai lagi dan harus diganti dengan plat almunium setebal 1,5mm yang di model menyerupai lidah skep yang asli namun dengan ukurun berbeda yaitu 24mm (yang asli cuma 18mm).
Setelah melakukan perubahan ini, pilot jet dan main jet pun ikut di sentuh dengan pisau tunnig(kikir dan bor) untuk mendapatkan ukuran sepuyer (bahasa lain dari pilot dan main jet) yang tepat mengingat ukuran spuyer pada karb PX150 sudah terbesar dikelasnya dan sudah tidak ada di jual yang lebih besar lagi.
untuk pilot jet dan main jet, cukup bagian ujungnya yang diperbesar menggunakan mata bor 0,5mm. perubahan ini dirasa sudah cukup besar untuk mengalirkan bensin dengan deras ke blok selinder vespa anda.
Sampai disini maka motor verpa anda sudah kohar (korek harian) dan siap melaju kencang di jalanan. Ingat yh gan, kalau bawa motor hati-hati dan semoga bermanfaat postingan tentang cara kohar vespa ini.