Cara Membuka Ban Mobil Sendiri

Cara Membuka Ban Mobil Dari Velg

cara membuka dan mengganti ban mobil yang bocor atau pecah
Apa jadinya jika ban mobil pecah atau kempes ditengah perjalanan anda ?, lebih parahnya lagi bengkel mobil tidak ada di sekitar situ. Untuk mengatasi masalah tersebut kita harus melepas ban mobil yang pecah dan mengganti dengan yang baru.
Baca juga : Cara memanaskan mobil di pagi hari

Mengganti ban mobil yang pecah atau bocor merupakan hal dasar yang harus diketahui oleh pengemudi mobil. Jika anda belum pernah melakukannya, sebaiknya segera pelajari karena ini pasti berguna suatu saat nanti seperti mengatasi masalah yang saya ceritakan diatas dan langsung saja berikut cara membuka ban mobil dengan mudah.

Cara membuka ban mobil dengan mudah

membuka dan mengganti ban mobil menggunakan dongkrak
Sebelum anda membaca langkah-langkah membuka ban mobil, anda harus mengetahui terlebih dahulu persiapan keamanan mobil sebelum melepas ban dan perlengkapan sebelum melakukan perjalanan seperti dibawah ini.

Keamanan mobil sebelum membuka ban

  1. Parkirlah mobil di sisi jalan dan cari tempat yang luas atau rata.
  2. Jangan lupa pastikan mobil tidak bergerak dan untuk mobil transmisi manual tempatkan transmisi pada gigi 1 atau R (reverse) lalu tarik rem tangan. Untuk mobil transmisi otomatis tempatkan pada posisi P (parking).
  3. Jika ban mobil bocor pada tanjakan, gunakan benda keras seperti batu atau kayu untuk mengganjalnya.
  4. Tempatkan segitiga pengaman dibelakang mobil dan hidupkan lampu hazard.
  5. Jika sewaktu beli mobil ada buku manual, saran saya baca terlebih dahulu buku tersebut karena ada banyak informasi yang akan membantu anda.

Mempersiapkan perlengkapan sebelum melakukan perjalanan

Alat-alat yang saya maksud ini adalah perlengkapan umum yang harus tersedia di mobil dan dibawa ketika dalam perjalanan.
  1. Ban cadangan
  2. Kunci roda
  3. Dongkrak mobil

Membuka dan mengganti ban mobil

  1. Pertama sekali yang harus anda lakukan adalah buka terlebih dahulu penutup roda.
  2. Lalu kendurkan terlebih dahulu baut-baut roda dengan menggunakan kunci roda (kendurkan dengan pola bersilang).
  3. Selanjutnya pasang dongkrak mobil pada posisi tegak lurus dengan tanah dan naikkan dongkrak hingga roda mobil terangkat.
  4. Langkah selanjutnya lepas semua baut roda yang tadi dikendurkan.
  5. Setelah baut terlepas, tarik ban dengan perlahan dan letakkan pada posisi tidur.
  6. Sekaran pasang ban cadangan yang sudah tersedia.
  7. Setelah itu pasang baut dan putarlah searah jarum jam (baut jangan dikencangkan dulu karena ban akan ikut berputar jika kita kencangkan).
  8. Lalu turunkan dongkrak sampai ban menyentuh tanah dengan baik.
  9. Sekarang kencangkan semua baut roda dengan pola bersilang dan pastikan baut sudah kencang sampai memijak batang kunci roda dengan kaki.
  10. Setelah itu, tempatkan ban yang bocor atau pecah tadi ke tempat ban cadangan dan jangan lupa simpan kembali semua perlengkapan seperti kunci roda.
Sampai disini maka anda sudah berhasil membuka ban mobil sendiri dengan benar dan anda sudah bisa melanjutkan perjalanan. Terima kasih sudah berkunjung dan besok saya akan kembali lagi dengan informasi menarik lainnya untuk anda.

Archive