Cara Mengendarai Motor Kopling Manual Dengan Benar

Cara Mengendarai Motor Kopling yang Benar Dengan Cepat

mengendarai motor kopling manual dengan benar
Dalam perjalanan jauh, menurut saya menggunakan motor kopling sangat tepat karena akan memudahkan anda di tanjakan. Banyak yang mengatakan kalau mengendarai motor kopling saat macet itu sulit, Benarkah ?.

Pada kesempatan kali ini saya akan bagikan kepada anda informasi mengenai cara belajar mengendarai motor kopling dengan benar. Ada banyak jenis motor kopling yang beredar di pasar otomotif indonesia, diantaranya yang lagi trend yaitu satria, yamaha vixion dan honda verza. Kembali ke topik langsung saja berikut cara belajar mengendarai motor kopling manual dengan cepat.

Cara belajar mengendarai motor kopling manual dengan cepat

  1. Pertama sekali yang harus anda lakukan adalah putar kunci kontak pada posisi “ON”
  2. Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral kemudian tekanlah tombol starter. Yang perlu anda perhatikan dalam menekan tombol starter ini jangan terlalu lama, usahakan maksimal 3 detik. Karena jika terlalu lama dapat menyebabkan aki tekor.
  3. Untuk menjalankan motor, coba masukan gigi transmisi pada posisi gear 1. Caranya tarik terlebih dahulu handle kopling, lalu injak tuas transmisi kearah depan. 
  4. Inilah hal yang sering dialami orang belajar mengendarai motor kopling dan kesulitan. Saat mulai berjalan biasanya melepaskan tuas kopling secara mendadak, akibatnya motor langsung mati. Untuk itu lepaskanlah tuas kopling secara perlahan diiringi dengan memutar handle gas secara perlahan.
  5. Jika kendaraan sudah berjalan maka mulailah untuk melepaskan tuas kopling/ handle rem. Setelah kendaraan berjalan kira-kira 10 Km/ jam lakukanlah penggantian ke gear no.2. Caranya dengan menekan tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Nah yang perlu diperhatikan adalah dalam menekan tuas kopling ini tekanlah secara penuh sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan melakukan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan cara yang sama.
  6. Nah jika ingin berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta diiringi menekan tuas rem.
  7. Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi ½ saja, jika penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.
  8. Setelah gigi transmisi ke posisi netral, anda boleh melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi “off”
Nah sampai disini pasti anda sudah mengerti bukan langkah-langkah dalam mengendarai motor kopling, pasti bisa kok karna sangat mudah. Sampai disini ulasan dari saya dan besok saya akan kembali lagi dengan berbagai informasi mengenaai dunia otomotif lainnya untuk anda.

    Archive