Cara Menyetel Platina Vespa yang Benar

Cara menyetel platina vespa yang benar merupakan judul postingan saya kali ini setelah sebelumnya yaitu cara mengecat vespa sendiri yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua. Alasan saya membagikan cara setting platina pada vespa ini adalah agar motor tua yang anda miliki bisa lebih baik.

Cara Menyetel Platina Vespa Super atau PX

cara setting platina pada vespa
Tips yang akan saya beritau ini merupakan cara paling mudah dalam cara memperbaiki platina vespa dan langsung saja berikut ulasannya.
  • Walaupun dalam setting platina harus pakai perasaan, namun cara pasang dan menyetel platina di mesin vespa sama saja. Sebagai contoh misalkan pasang platina di dudukan yang juga rumah spull dan kondensor, lalu ikat pelan dulu pakai 2 sekrup kembang sebelum disettel maksimal.
  • Selanjutnya yaitu pasang magnet yang menyatu dengan kipas di poros kruk-as. Sampai batang pengungkit platina berada di nok rotor magnet dan kepala dalam posisi terbuka. Posisi itu dapat dilihat pada lubang intip yang berada di kipas.
  • Jika terlihat posisi platina sudah pada tempatnya, proses berikut yang harus anda lakukan yaitu menyeting gap atau celah platina. Tujuan dari itu untuk mencari gap agar mesin mudah hidup, langsamnya enak dan diputaran atas tidak ada gejala nembak atau timbul brebet. Baru 2 sekrup pengikat platina kita kencangkan dengan menggunakan obeng hingga kuat.
  • Kalau memakai buku panduan, gap platina yang diukur feeler gauge jaraknya kurang lebih sekitar 0,30 – 0,50 mm. Tapi karena faktor keausan yang terjadi pada rotor dan nok, atau penggunaan komponen tidak standar, maka celah gap bisa lebih sempit juga renggang.
  • Yang penting dalam hasil settingan platina vespa yang pas adalah mesin mudah dihidupkan, juga langsamnya enak dan tidak brebet waktu kita geber.
Sampai disini teorinya dan saya harap sudah mengerti dan bisa mempraktekan cara menyetel platina pada motor vespa anda. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share atau berikan komentar untuk kemajuan blog ini, atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.

Archive